Petani Jawa Timur Manfaatkan Es Mambo Untuk Bajak Sawah

POS RONDA | Indonesia's Political Infotainment

Ladang persawahan di Bojonegoro berserta petani penggarapnya. Seorang petani di kecamatan Sumberejo,Bojonegoro, berhasil menggunakan es mambo untuk memancing anak-anak membantunya mengolah sawah. (photo courtesy ANTARA/kontan.co.id) Ladang persawahan di Bojonegoro berserta petani penggarapnya. Seorang petani di kecamatan Sumberejo,Bojonegoro, berhasil menggunakan es mambo untuk memancing anak-anak membantunya mengolah sawah. (photo courtesy ANTARA/kontan.co.id)

SURABAYA, POS RONDA – Mulyono (45), seorang petani di Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memiliki metode baru untuk membantunya menggemburkan sawah dengan membagi-bagikan es mambo kepada puluhan anak-anak tepat di tengah-tengah sawah miliknya.

Di bawah terik matahari yang panas, anak-anak tersebut berhamburan dan berlarian ke tengah sawah milik Mulyono untuk mengambil es mambo gratis yang dibagikan olehnya. Pada saat pembagian es selesai tidak sampai satu jam kemudian, sawahnya tampak seperti telah digarap dengan mesin pembajak. Wajah Mulyono sumringah, karena tanah persawahan miliknya telah diolah tanpa dirinya harus bersusah payah menggunakan alat bajak berat yang biasanya harus ditarik seekor kerbau, ataupun dengan mesin bajak.

Inspirasi yang diperoleh Mulyono untuk menggunakan cara tersebut ternyata tidak berasal dari wilayahnya, melainkan dari sebuah kota Surabaya yang berjarak 110…

View original post 677 more words

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s