Tutorial Membuat Poster dengan GIMP dan Inkscape

ImageBismillahirrahmaanirrahiim. Semoga bermanfaat. Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana membuat poster dari GIMP dan Inkscape dengan cara yang paling simple tetapi berkesan. Ini adalah poster saya. Simple kan?

ImageNah karena memakai 2 tahap. Tahap yang paling awal saya lakukan adalah menggunakan GIMP. Berikut cara-caranya :

A. GIMP

1. Hal pertama pastinya adalah membuka aplikasi tersebutImage

2. Buat arena melalui File > New. Arena ini harus ekuivalen (halah) dengan gambar kita yang mau diedit, biar gak repot. Jadi pada sebelumnya saya sudah men-scale image saya misal 800×869. Maka nanti arena saya juga akan berukuran seperti itu

Image

3. Oke, arena sudah ada maka gambar kita masukkan. Ingat, gambar yang sudah kita scale sebelumnya. Dengan cara File > Open. (Sudah ijin dengan yang punya gambar)

Image4. Setelah gambar muncul, kita akan mewarnai gambar tersebut dengan gradient toolImage. Lalu kita bisa memilih sesuka kita.

Image5. Saya memutuskan untuk memilih warna ini karena yaa enak aja diliat. Jangan lupa untuk merubah mode nya. Kalo saya hardlight.

Image6. Karena sudah selesai, kita export gambar tersebut. Ingat di EXPORT bukan di SAVE. Agar gambar kita bisa di upload nantinya

B. Inkscape

Kalo di bagian ini gampang kok. Tinggal nambah-nambahin tulisan aja, kan simple dan enak diliat 😀

1. Buka Inkscape, yaiyalah

Image2. Masukkan gambar yang kita udah export tadi. Bisa digeret biar lebih simple ok

Image3. Nah setelah itu kita tambahin tulisan dengan cara klik ( Image) pada toolbox. Beginilah hasil nya, juga entar pilih jenis font dan ukuran font yang kita sreg dan sesuai pastinya

ImageImageImage4. Nah begitulah cara membuat poster simple sekali. Alhamdulillaahirabbilalamin

Image

2 thoughts on “Tutorial Membuat Poster dengan GIMP dan Inkscape

Leave a Reply

