Tutorial Membuat Kartu dengan GIMP

Bismillahirrahmanirrahim.

Image

Doa Belajar

Halo kawan. Sebelum mengikuti tutorial ini alangkah lebih baik nya jika membaca doa terlebih dahulu. Aamiin. (◕‿◕✿)

Di sini saya akan menjelaskan ‘gimana sih cara nya buat kartu lebaran tapi pake aplikasi GIMP’. Tapi mending sebelum nya perkenalan aja ya, GIMP itu aplikasi manipulasi gituan, kayak kalo windows punya itu CorelDraw. GIMP ini bisa buat editting sederhana macem paint gitu juga. Yang jelas aplikasi ini sedikit lebih mudah daripada CorelDraw gitu. Menurut saya…

Okeyukmari kita mulai. Bismillah! ´ ▽ ` )ノ

Yang jelas tahap pertama adalah harus punya aplikasi nya dulu. Bisa di download di http://www.gimp.org/. Dan setelah itu mari kita buka.

Image

Nah karena sudah muncul di dekstop. Pilih yang gambar seperti ini Image.

Dan beginilah ruang kerja kita nanti nya :

Image

Sudah? Mudah kan? Hahaha. Mari kita mulai.

TAHAP 1 : SIAPKAN ARENA

Siapkan arena di sini maksud nya membuat arena/ tempat kita membuat. Kartu nya.

Bisa dengan CTRL + N atau File → New. Maka akan muncul kotak seperti ini. Tentukan juga berapa ukuran kertas kita nanti nya. Setelah sesuai yg kita inginkan. Klik OK.

Image

Nah karena saya ukuran nya besar banget xD yakni 1280 x 720. Maka yang keluar akan seperti ini wkwk. Saran saya agar di tentukan dengan matang dulu biar gak kegedean kayak aku ini….

Image

TAHAP 2 : MARI MEMBUAT BACKGROUND

Apa yang anda pikirkan tentang background saya ini? Mau tau rahasia nya? Akan saya bagi di sini secara cuma-cuma. Kalo kata Ais, “ya paling seribu” wkwk.

Begini rahasia nya. Hal awal yang tidak boleh terlupa adalah warnai arena anda ini dengan warna hitam. Caranya? Mudah. Klik pada toolbox ikon Bucket Fill Tool Image dan warna nya hitam. Pastikan saja bahwa keadaan ikon anda seperti ini Image.  Lalu tuangkan teko itu pada layar anda dan simsalabim hasil nya seperti ini :

Image

Oke next! Siapkan brush kesukaan anda. Atau yang cocok dengan tema yang anda inginkan. Oya, nama tipe background ini adalah Bokeh. Tau kan? Yang biasa nya bulet bulet warna warni itu lho. Tapi kali ini saya pake brush daun. “Kamu dapet darimana Kon brush nya itu?”. Kebetulan temen saya mbak Azka menawarkan satu folder brush macem2 dan saya menerima nya dengan senang hati. Terima kasih kakak (。◕‿◕。)

 Pertama karena kita akan menggunakan beberapa lapis/ layer. Maka kita harus menambah layer terlebih dahulu. Dengan klik Layer → New Layer atau SHIFT + CTRL + L. Maka layer kita akan bertambah dan ingat klik setting Transparency lalu OK. Maka layer kita akan bertambah seperti ini :

Image

NEXT! Klik pada ikon di toolbox yaitu Image yang bernama Paint Brush Tool. Maka akan muncul kotak seperti ini :

Image

Lalu sebarkan brush brush itu pada bagian yang kalian inginkan. Kalau punya saya seperti ini :

Image

Lalu untuk menimbulkan efek bayang-bayang maka jangan lupa untuk Klik Filters → Blur → Gaussian Blur. Maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Saya mengetikkan nya 60. Cukup tinggi karena ini untuk bayang-bayang paling samar nanti nya.

Image

 Cukup panjang bukan? Tapi ini mudah banget kok. Maka setelah kita klik OK akan keluar hasil nya. Jreng jrenggggg (n˘v˘•)¬ :

Image

 Lalu karena ini Bokeh yang dalam bahasa Jepang berarti kabur. Maksud nya karakteristik objek nya tajam tapi punya latar belakang yang nge-blur gitu. Selective focusing. Bahasa keren nya. Lagi deh kita buat Layer. Udah tau cara nya kan? Kayak di atas tadi. Maka kotak layer kita akan bertambah lagi menjadi seperti ini :

 Image

Setelah kotak Layer muncul maka perlakukanlah ia sama seperti pertama tadi. Beri ia brush kembali di tempat yang anda suka. Lalu akan menjadi seperti tadi. Dan jangan kaget karena anda akan mem brush pada tumpukan tadi. Taruh di tempat yang anda suka. Gimana? Mudah di mengerti kan? Maka setelah di rasa cukup kita musti kembali memblurkan gambar tadi dan otomatis kembali ke Klik Filters → Blur → Gaussian Blur. Tadi kan 60.0 sekarang kita beri 10.0 agar lebih jelas lagi. Hasil nya :

Image

Gimana? Udah nangkep kan blur-bokeh itu gimana? Namun ini belum berakhir kawan…

SEKALI LAGI kita harus membrush dan main Layer lagi. INGAT! Tambahkan layer sekali lagi. Sudah? Sehingga pastikan kotak Layer anda ada buah saat ini.

Image

*OYA. MAAF. JANGAN PERHATIKAN WARNA DI DALAM KOTAK LAYER (yang kecil itu) SAYA YA. TETAP LAH IKUTI TUTORIAL INI DENGAN TELITI MEMBACA KATA2 SAYA (⋋▂⋌)*

Setelah anda menambah Layer lagi dan memastikan sudah ada buah maka brush kan lagi motif anda dan ini akan menjadi penentu Bokeh anda karena akan menempati paling atas. Sedang kan yang tadi-tadi itu bayangan nya. Got the point?

Nah kalau sudah kita akan membuat efek Bokeh yang wow. Anda harus hilangkan 2 mata pada layer anda :

Image

Gimana? Itu kan ada 4 mata. Klik aja deretan nya itu. Sehingga tinggal 2 mata. Nah jangan kaget karena arena kita akan berubah. Tak mengapa karena kita akan memberi efek blurring lagi. Brush kan dengan Paint Tool Brush. Masih inget kan? Kita cuma bermain-main dengan sedikit hal kok di sini 😀 Maka jadilah seperti ini :

Image

Huftttttttttt. Pelan-pelan hirup udara dengan menyenderkan kepala di sandaran kursi. Perlu-perlu buat es teh untuk nemenin mengerjakan ini. Jangan tegang. Ini mudah kok. Bisa hubungi twitter saya disini atau facebook saya disini juga. SEMANGAT KAKAA (≧∇≦)/

Sudah es teh nya? Cemilan nya? Oke kita lanjut kan lagi. Pembuatan background ini cukup lama awal nya. Tapi untuk pembuatan kedua kali nya gak ada 5 menit udah jadi kok 😉

Sekarang tambah lagi Layer anda.. Pastikan kembali anda punya Layer saat ini. (´ω`)

 TAHAP 3 : SAAT NYA MEWARNAI!!!

Sudah saat nya kita memberi warna kepada motif bokeh kita ini. Klik ikon Blend Tool Image . Pilihlah motif yang kalian sukai. Kalau saya memilih Abstract 2.  Usahakan memilih warna yang agak kontras biar keliatan kinclong gitu. Tapi ya kembali ke selera sih 😀

Ketika kita menuju arena kita. Maka tarik lah garis sesuka kalian. Kalau saya menjadi seperti ini :

Image

Arena anda akan menjadi berwarna seperti yang anda torehkan. Karena warna itu akan menjadi lapisan penutup maka langkah selanjut nya adalah klik tanda panah ke bawah samping tulisan normal itu dan pilih Overlay.

Image

Dan hasil nya akan menjadi seperti ini :

Image

Kok warna nya kurang tajem ya? Gampang. Tinggal klik Image pada gambar di layer berikut ini :

Image

Klik lah sampai anda merasa puas dengan warna yang di tampilkan. Kalau saya sampai nge-klik kali baru dapet warna nya yang sreg. Beginilah hasil yang ke-4 saya :

 Image

TAHAP 4 : TAMBAHKAN FOTO

Sekarang karena kartu tidak lengkap tanpa identitas pengirim, kita gunakan foto untuk indetitas nya. Klik File → Open. Pilih foto yang mau di pakai :

 Setelah terpilih. Maka foto akan keluar. Dan langsung saja kita akan memotong foto kita. karena akan di ambil tubuh sebagian. Pake apa? Gunakan Free Select Tool Image lakukan dengan sebaik-baik dan sehati-hati nya.

Perlu di ingat agar titik awal harus bertemu dengan titik akhir kembali. Kita akan mengcopy gambar kita. Pastikan kita menekan CTRL + C. Kembali ke pekerjaan kita, yakni arena bermotif tadi. Lalu Klik Edit → Paste As → New Layer. 

Karena format gambar kita ini terlalu besar maka harus kita kecil kan dengan Klik Layer → Scale Layer. 

Image

Maka hasil nya akan menjadi mengecil pasti nya kalau di kecilin ukuran nya. Dan kalau mau memindah-mindah posisi bisa menggunakan ikon Move Tool Image .

TAHAP 5 : PEMBERIAN TEXT

Alhamdulillah sampai juga di penghujung acara (*´д`*). Cara menambahkan text sangat mudah yakni gunakan ikon Text Tool Image. Dan apabila sudah di beri beginilah hasil hampir akhir nya :

Disitu kita bisa melihat ada kecacatan alias ketidak rapian saya ketika mem-Free Select Tool kan. Maka saya atasi dengan menambah brush pada sekeliling diri saya di foto itu. Dan jadilah hasil nya :

Semoga tutorial ini bermanfaat. Salam sukses dunia akherat! ✖‿✖

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s